fbpx

5 Tips Tetap Produktif saat WFH

WFH atau Work From Home adalah suatu istilah bekerja dari jarak jauh, lebih tepatnya bekerja dari rumah. Saat ini Indonesia masih menerapkan kebijakan bekerja dari rumah yang bertujuan untuk mengurangi sekaligus menekan penyebaran COVID-19 khususnya di area perkantoran.

5 Tips Tetap Produktif saat WFH  - OTERRA

Bekerja dari rumah bukanlah hal yang mudah. Beberapa pekerja justru merasa WFH menjadi tantangan tersendiri. Berdasarkan data dari IrishJobs, 22% karyawan yang disurvei merasa kesulitan membagi waktu antara pekerjaan dan mengurus anak yang sekolah dari rumah.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama menjalani WFH dan terhindar dari rasa malas yang bisa membuat pekerjaan terbengkalai.

1. Jaga Kesehatan Tubuh

Kondisi tubuh yang sehat mampu membantu kamu menjalankan berbagai aktivitas dengan nyaman. Kamu perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi agar daya tahan tubuh tetap terjaga dan sehat.

Pilihlah makanan sehat dengan kandungan gizi seimbang yang mengandung protein, karbohidrat, lemak baik, serat, mineral dan vitamin. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji terlalu banyak.

Sesuaikan asupan makanan kamu dengan kebutuhan kalori yang dibutuhkan untuk melaksanakan aktivitas di hari tersebut. Jika kamu tidak sempat menyiapkan makanan, kamu bisa mengonsumsi OTERRA – Produk Ready to drink meal yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian kamu.

2. Tetap Bersosialisasi

Bersosialisasi memegang peran yang sangat penting. Hal ini karena berada di rumah saja bisa membuat perasaan menjadi putus asa dan merasa kesepian sehingga berpengaruh buruk bagi kesehatan mental.

Oleh karena itu, tetaplah luangkan waktu untuk bersosialisasi secara virtual melalui telepon video, seperti Zoom atau Google Meet. Lakukanlah minimal satu kali dalam seminggu agar tetap terhubung dan bersemangat dalam bekerja. 

Kamu bisa melakukannya baik dengan rekan kerja kantor maupun dengan keluarga dan teman-teman yang lain. Dengan begitu, kamu sudah melakukan upaya untuk menjaga kesehatan mental sendiri.

3. Buat To-Do-List

Saat bekerja dari rumah kamu juga harus membuat to-do-list pekerjaan kamu untuk memastikan semua pekerjaan terselesaikan dengan baik. To-do list ini bisa membantu kamu dalam menentukan skala prioritas.

Dengan membuat to-do list, jadi lebih jelas pekerjaan apa aja yang harus selesai hari itu. Kegiatan ini biasanya dibuat sebelum tidur. Hal ini supaya hari esok kamu bisa langsung mulai kerja tanpa bingung “hari ini harus ngapain ya.”

4. Miliki Ruang Kerja Pribadi

Memiliki ruang kerja pribadi tentu dapat membantu kamu lebih fokus. Kamu tidak harus membangun ruang khusus, melainkan memanfaatkan ruangan yang ada di rumah. 

Ada beberapa area yang disarankan namun harus tetap memiliki area yang nyaman, mendapat pencahayaan yang bagus, tidak berisik, dan jauh dari distraksi.

Hindarilah bekerja di kasur kamar tidur karena tubuh dan pikiran kamu akan otomatis mengaitkan ruangan itu dengan tidur. Jadi kamu tetap harus mengatur meja kerja sederhana dan kursi sehingga kamu bisa membangun suasana kerja sendiri.

5. Istirahat yang Cukup

Bekerja dari rumah bukan berarti kamu bisa seenaknya menentukan jam kerja. Kamu tetap harus jaga waktu tidurmu dan bekerjalah sesuai dengan jam kerja.

Manfaatkan jam kerja kamu dengan baik alias selesaikan pekerjaan yang harus diselesaikan saat hari itu dan atur waktu istirahatmu. pastikan kualitas tidur tetap terjaga dengan baik, yakni 7 – 9 jam setiap harinya.

Walaupun bekerja dari rumah, jangan lupa untuk tetap melakukan aktivitas-aktivitas diatas untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sehingga bisa tetap produktif dalam bekerja.

Leave a Reply

%d bloggers like this: